Tugas dan Tanggung Jawab Room Attendant dalam Pelayanan
Room attendant merupakan petugas hotel yang berada pada seksi kamar yang berhubungan langsung dengan tamu (front of the house). Tugas dari room attendant dapat dikatakan rumit dan berat karena complain yang datang dari tamu banyak sekali hubunganya dengan kamar dan baik atau buruknya kamar hotel tergantung dari kualitas room attendant hotel tersebut. Harus diingat, bahwa pada tamu masuk kamar, pandangan pertamanya akan ditunjukkan pada kerapian tempat tidur. Mereka akan mendapatkan kesan yang pertama atas hotel secara keseluruhan hanya dengan melihat kerapian tempat tidur tersebut.
Adapun tugas dan tanggung jawab room attendant dalam pelayanan adalah
sebagai berikut.
1.
Mengelola kamar yang menjadi tanggung jawabnya ( dalam arti yang luas ) baik atau buruknya kamar sangat tergantung pada room attendant, mulai dari ketelitian, kerajinan maupun kualitas. Seorang room attendant yang rajin, teliti, dan terampil dalam melaksankan pekerjaannya akan dapat menghasilkan kamar yang bersih, rapi, lengkap dan nyaman. Oleh sebab itu room attendant harus mengerjakan kamar dengan teliti dan memeriksa semua perlengkapan yang ada di dalamnya.
2.
Melayani tamu. Di dalam memberikan pelayanan kepada para tamu tidak dibatasi waktunnya, sebab setiap saat tamu dapat meminta pelayanan, baik pagi, siang,
sore, maupun malam hari. Pelayanan memiliki defenisi sebagai suatu usaha yang dilakukan oleh manusia dan untuk manusia, dalam rangka memenuhi kebutuhan - kebutuhan serta tujuan - tujuannya sehingga membuat tamu merasa puas. Agar tamu dapat merasa puas
maka room attendant harus dapat memeberikan pelayanan yang berkualitas.
Pelayanan terdiri dari lima dimensi, yaitu sebagai berikut.
3.
Menjalin kerja sama dengan sesama room attendant dan seksi – seksi lain yang berada di housekepping department, bahkan dengan seksi yang berada di
department lain. Hal ini perlu dilaksanakan karena industri hotel merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan yang terdiri dari beberapa department yang masih memiliki hubungan yang erat dan tidak dapat berjalan dengan sendirinya.
Untuk melaksnakan tugas pelayanannya, room attendant dalam kesehariannya dibagi menjadi tiga shift dalam pelaksannannya, yaitu :
1.
Morning Shift :Pukul 08.00 – 16.00
2.
Evening Shift :Pukul 16.00 – 00.00
3.
Night Shift :Pukul 00.00 – 08.00
Ruang lingkup Operasional Pelayanan Room Attendant
Room Attendant dipimpin oleh Floor Capatain yang bertanggung jawab langsung kepada Executive Housekeeper.
Floor Captain bertanggung jawab akan kelancaran tugas operasional
pemeliharaan dan kebersihan kamar tamu yang dilaksanakan oleh Room Attendant. Ruang lingkup yang menjadi tanggung jawab pelayanan Room Attendant adalah kamar – kamar tamu dengan mempersiapkan kamar tamu untuk siap dijual (ready for sale). Untuk melaksanakan tugas dengan baik seorang Room Attendant harus mengetahui ketentuan – ketentuan yang berlaku di Room Section sehingga setiap room
Attendant dapat melaksanakan tugasnya dengan baik yang nantinya akan mendatangkan kepuasan kepada tamu dengan pihak hotel.
Menentukan Pembersihan Kamar
- Mulai dari permintaan tamu (request early cleaning)
- Kamar-kamar dengan code VIP
- Kamar dengan tanda “Service” atau “Please make up my room“
- Kamar kosong dengan status kotor (vacant dirty)
- Kamar yang masih ada tamunya (occupaid / stayovers)
- Kamar dengan status expected departure (ED)
Namun kondisi hotel dengan occupancy
tinggi, biasanya housekeeping akan menguamakan kamar yang status vacant dirty
menjadi prioritas utama untuk dibersihkan agar kamar tersebut dapat dijual ke
tamu yang lain.
Hotel
menyediakan banyak fasilitas untuk memanjakan pelanggannya dengan memberi rasa
nyaman dan aman agar pelanggan merasa betah. Room mempunyai kontribusi
yang sangat besar untuk meningkatkan image hotel secara keseluruhan. oleh sebab
itu, room yang dijual kepada tamu harus dijaga dan dirawat kebersihannya.
Dalam hal
ini, Room Attendant berperan penting untuk meningkatkan image hotel
terhadap pelanggan dengan cara menyediakan, mempersiapkan dan menjaga
kebersihan setiap kamar tamu. Kondisi kamar dapat menyampaikan suatu pesan dan
buruknya karyawan dalam mempersiapkan kamar yang nyaman dan bersih bagi tamu.
Selain
kebersihan, kecepatan untuk menyediakan kamar bersih juga memberikan nilai
tambah bagi housekeeping. Ketersediaan kamar akan mengindari tamu untuk menunggu pada saat check
in. Oleh sebab itu, Ketika room attendant telah selesai membersihkan suatu
kamar maka Floor Supervisor harus me-release status kamar
tersebut secepatnya. Jangan menunda!.
Prosedur pembersihan kamar perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian di dalam kamar tidak ada yang terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara detail termasuk kerapian, kelengkapan amenities dan kebersihan. Pekerjaan utama dalam proses pembersihan kamar terdiri dari preperation (persiapan), process (pembersihan) dan finishing (pengecekan).
Prosedur pembersihan kamar perlu diperhatikan sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian di dalam kamar tidak ada yang terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara detail termasuk kerapian, kelengkapan amenities dan kebersihan. Pekerjaan utama dalam proses pembersihan kamar terdiri dari preperation (persiapan), process (pembersihan) dan finishing (pengecekan).
1.
Persiapan
Pada tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :
Pada tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :
1.
Melapor ke housekeeping
office dengan menandatangani daftar hadir (attendance record) pada
kolom Time In.
2. Mengambil room assignment sheet yang merupakan daftar kamar-kamar
yang harus dikerjakan oleh room attendant. room assignment sheet
ini dipersiapkan oleh floor supervisor untuk mengatur alokasi room
atttendant dalam pembersihan semua kamar di hotel.
3. Mengambil kunci kamar (Master key) sesuai dengan daftar kamar
pada room assignment sheet kemudian menandatangani pada “key log
book” pada kolom Key Out.
4. Mengikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk
mendapatkan informasi mengenai aktivitas hotel misalnya : EA, ED, VIP, dan
lain-lain.
5. Room attendant menuju section masing-masing sesuai dengan lantainya
kemudian mengambil “trolley” sebagai tempat penyimpanan semua peralatan
penunjang kamar.
6. Kemudian, mengecek semua kamar untuk memastikan status kamar sesuai dari
system komputer sama dengan status fisik. Selain itu, tujuan lainnya adalah
mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND”
dan sebagai laporan untuk room discrepancy
7. Hasil pengecekan fisik ini akan dilaporkan ke floor supervisor sabagai
laporan morning housekeeping report setelah dikumpulkan dari semua room
attendant yang bertugas.
8. Room attendant sudah siap melakukan pembersihan kamar. biasanya akan
dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda “service”.
berguna bgt bro
BalasHapusberguna bgt bro
BalasHapusBerguna bagi saya yg mau jadi room attendant
BalasHapusroom attendant tu pembersih kamar atau penjual kamar seperti resepsionist ya bro?
BalasHapusHi, room attendant bertugas sebagai petugas kebersihan,melayani guest.berbeda dgn receptionist🙏🏻🙏🏻
HapusApa ngk ada kode etik room attendance?
BalasHapusBalas